Thursday, June 12, 2014

Tips Selalu Nyaman Berwisata

Bayangkan jika anda sedang jalan-jalan lalu setiap hari berkelahi dengan rekan perjalanan anda. Karena yang satu ingin A dan satu ingin B. Apalagi kalau kedua pihak saling keras kepala.. Aduuhhh... Jadi pusing deh.. Sebagai pecinta travelling dan Tour Leader tidak sedikit saya mengalami dan melihat hal seperti ini terjadi di sekitar maupun pada saya. Hehehe... Hal ini memang menurut saya tidak bisa dihindari.. Karena berdasarkan kenyataan memang tidak banyak perempuan yang melakukan perjalanan tanpa memikirkan shopping dan kebalikannya tidak banyak pria yang melakukan perjalanan dengan selalu memikirkan shopping. Selain itu banyak juga saya temui ketika mengunjung suatu negara orang-orang sering mencari sesuatu yang sulit ditemui atau ingin melakukan sesuatu yang susah dilakukan di suatu tempat tujuan. Hal ini membuat saya berpikir cukup lama untuk menyiasati masalah-masalah yang sering muncul seperti ini.

Menurut saya hal-hal seperti di atas bisa disiasati dengan pengetahuan yang cukup matang dan persiapan yang bagus sebelum anda melakukan perjalanan wisata. Baik mengikuti tour atau berjalan sendiri, kita harus mempunyai perisapan terlebih dahulu. Berikut saya akan menjelaskan tentang persiapan atau apa yang perlu dilakukan untuk menyamankan perjalanan dari awal berangkat hingga pulang kembali.

1. Pilih tempat yang sesuai dengan anda. Tempat wisata yang dituju tentu akan menentukan kenyamanan anda selama berlibur. Saya berikan contoh kalau cewek metropolitan atau yang hobi shopping pasti tidak akan suka mengunjungi tempat yang banyak pegunungan atau pemandangan alam. Tapi mereka akan suka mengunjungi perkotaan. Sedangkan fotografer akan jauh lebih suka mengunjungi tempat yang lebih banyak pemandangan dari pada perkotaan. Hal ini cukup simple tapi akan sangat berdampak pada liburan anda. Maka perlu kita cari tahu terlebih dahulu kira-kira seperti apa lokasi wisata yang akan kita tuju.

2. Pilih teman perjalanan yang tepat. Ini menjadi hal yang krusial. Terlebih lagi apa bila anda sudah memilih pasangan perjalanan yang salah. Oleh karena itu, saya sering cukup gelisah ketika menemukan peserta tour saya yang mana asal mulanya tidak kenal lalu mereka memilih untuk mencari teman sekamar agar tidak membayar tour lebih mahal. Akan tetapi apabila anda bertipe yang apa adanya mungkin anda masih bisa menerima walaupun dengan perasaan sedikit jengkel.. Tapi mau tidak mau.. Hehehe... Cari orang yang memiliki tipe seperti anda, misalkan anda hobi shopping cari teman yang sama karena juga bisa memberikan pendapat. Apabila anda penghobi kuliner jangan mengajak pasangan berwisata orang yang sangat menjaga penampilan. hehehe...

3. Persiapkan itinerary.  Mempersiapkan Itin menjadi hal yang penting untuk berwisata. Baik berjalan sendiri maupun mengikuti tour anda harus tau jadwal berwisata anda. Anda juga dapat mempersiapkan pekaian yang disesuaikan dengan jadwal perjalanan. Misalkan di hari ke 3 anda akan mendaki gunung mungkin anda sudah mempersiapkan pakaian yang tidak membuat gerah serta bawaan anda. Mempersiapkan itinerary atau jadwal perjalanan berarti anda harus benar-benar merencanakan jarak-jarak perjalanan agar tidak menghabiskan waktu.

4. Berkomitmen pada persiapan. Berkomitmen pada perjalanan wisata juga menjadi hal yang penting agar perjalanan wisata anda menjadi lancar. Misalkan di hari ke 2 ada cara shopping dan hari ke 3 akan mengunjungi taman bermain. Anda harus menyelesaikan shopping di hari ke 2 dan di hari ke 3 anda sudah tidak lagi berpikir shopping. Karena pada dasarnya berwisata adalah kita ingin mengetahui banyak hal yang ada di negara atau kota lain. Tidak berkomitmen pada persiapan atau misalkan jadwal acara bisa membuat acara menjadi kacau dan harus ada tempat yang dikorbankan yang mana mungkin teman seperjalanan anda ingin melihat tempat itu.

5. Bawa seperlunya. Berwisata saat ini menjadi ajang tren untuk mengganti profile picture. Hehehe... Jangan tersenyum-senyum dulu... Saya melihat banyak sekali orang yang berwisata seakan ingin pindah rumah. Mohon maaf biasanya terjadi pada wanita. Menurut saya bawalah seperluya saja toh ini juga akan  menyamankan anda selama perjalanan juga. Bawa alas sepatu yang nyaman untuk berjalan dan tas yang cukup untuk anda tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Seringkali saya menemukan banyak yang membawa alas sepatu sampai lima dan membawa tas 3 atau 4. Dalam hati saya astaga belum lagi baju yang dibawa. Lalu masih mau shopping. Hal seperti ini tidak perlu ditanyakan bila suatu saat anda mengeluh "Aduh.. barang saya hilang." 

6. Respect each other. Menghormati sesama dalam artian adalah setiap orang yang bersangkutan dengan perjalana wisata. Selain pasangan perjalanan juga orang lain yang mungkin menjadi teman perjalanan wisata anda dalam tour atau warga sekitar tempat anda berwisata misalkan petugas hotel, pelayan restoran dan lain-lain. Karena ketika anda menunjukkan rasa hormat kepada orang-orang tentu mereka juga tidak ragu untuk membantu anda selama berwisata.

      DITULIS OLEH:
MICHAEL TX TRAVEL TJ PERAK
PIN BB: 2AE58D02

2 comments:

  1. AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
    Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2 trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt, sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW, cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI, malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal lupa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
    Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke ahliannya di teman2 di google dengan jaminan tdk bakal kecewa, jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya KI PALAH kmi kenal lewat teman google sdh terbukti membantu ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI, sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang dengan membawa hasil.
    Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
    silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
    TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah dlm 3x putaran.
    HUBUNGI LANSUNG DI NO:0823.8831.6351.
    Atau kunjungi Situs KI PALA dengan cara klik >>>>>KLIK DI SINI<<<<<

    ReplyDelete
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete